Penawaran Cerdik

Langkah Cerdik Menjadi Member Ultimate Vemma

Mau dapat uang dari Survey??

Selasa, 08 Februari 2011

Merecovery Data Harddisk yang telah terformat (Hilang)

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi cerita soal hilangnya data portable harddisk saya.  Pada sekitar awal bulan Februari 2011, komputer saya mengalami masalah dengan operating system XP mungkin karena terkena virus, ini ditandai dengan software Mozilla Firefox saya tidak berjalan sebagai mestinya.  Setelah berjuang untuk memperbaiki mozilla firefox, saya sampai pada kesimpulan bahwa operating system XP nya telah terserang virus.  Oleh karenanya segera saya mempersiapkan diri untuk menginstall XP baru di komputer saya.  Sebelum melakukan penginstallan data-data penting saya pindahkan dahulu ke harddisk portable yang besarnya 40 GB.
Langkah demi langkah fase instalasi telah saya lalui, pada waktu diminta membagi partisi harddisk, saya agak heran kenapa koq ada 3 partisi, padahal saya membagi harddisk dalam 2 partisi.  Setelah tertegun sejenak ternyata harddisk portable saya dikenali sebagai partisi ke 3.  Saya mengangap ini bukanlah masalah yang serius, lalu saya lanjutkan instalasi XP di partisi ke 1.  Setelah menunggu kira-kira kurang dari 1 jam, instalasi selesai.  Setelah saya mengamati harddisk melalui explore, baru saya sadari bahwa harddisk portable saya telah terformat sehingga data-data penting didalamnya ikut hilang alias lenyap.  Sampai pada tahap ini saya berhenti sejenak, berhubung data-data penting yang hilang itu amat saya butuhkan terutama data-data kantor maka saya berusaha mencari melalui google search, software apa yang bisa mengembalikan data-data saya semula.  Masih dalam ingatan saya kata-kata kunci yang digunakan adalah "Free software recovery harddisk".
Pada hari pertama saya mengklik sebuah link berbahasa Inggris lalu mendownload softwarenya.  Setelah selesai mendownload segera saya me running software tsb untuk mencoba peruntungan dengan harapan data-data yang hilang dapat terselamatlan.  Butuh waktu kurang lebih 12 jam untuk menganalisa harddisk, setelah muncul menu "Recovery Now" saya diminta untuk membayar  terlebih dahulu sebelum melanjutkan prosesnya, bila dirupiahkan kurang lebih Rp. 600.000,-.  Berhubung pada waktu itu saya tidak punya duit maka proses pencarian saya lanjutkan ke link berikutnya.  Setelah menganalisa harddisk kurang lebih 12 jam, hal yang sama pun yaitu permintaan mentransfer sejumlah uang sebelum proses dilanjutkan, saya temukan kembali.  Hal ini berulang-ulang sampai kira-kira 4 software recovery telah saya coba dan membutuhkan waktu kurang-lebih 4 hari, karena dipagi hari saya mesti bekerja.
Sampai pada akhirnya saya menemukan link yang dijamin full version artinya tanpa mengeluarkan uang kita dapat me recover data yang hilang.  Setelah mendownload software nya, segera saya running untuk menganalisa harddisk portable saya.  Setelah menunggu 12 jam sampai analisa harddisk selesai, dengan harap harap cemas saya melanjutkan proses recovery, dan apa yang dijanjikan oleh pengelola blog tersebut benar adanya, sampai disini saya bersyukur kepada Tuhan.
Tetapi proses belum selesai, tiimbul dalam benak saya apakah data-data yang hilang dapat dikembalikan seperti semula.  Bila melihat menu yang muncul memang data-data yang hilang dapat diselamatkan.  Dengan penuh harapan saya melanjutkan proses pengembalian data tersebut, setelah memilih mana data-data yang akan diselamatkan kurang lebih 5 Gigabite, segera saya melanjutkan proses tersebut.  Seperti yang disarankan oleh software tsb bahwa untuk tempat penampungan jangan memilih harddisk yang sedang direcovery.  Untuk itu saya memilih harddisk partisi C dengan membuat folder baru yaitu folder "Recovery".  Proses pengembalian data ini memakan waktu kurang lebih 3 jam.  Dan benar saja, data-data yang hilang di harddisk portable saya sepenuhnya dapat dikembalikan dengan filename yang tidak berubah sama sekali sehingga saya mudah mengenali mana file-file penting yang amat saya perlukan.  Kembali saya bersyukur kepada Tuhan untuk kedua kalinya.
Dan ini meupakan pengalaman yang tidak terlupakan, bagaimana tidak selama 5 sampai 6 hari saya berjuang uintuk mendapatkan data-data yang hilang.  Dalam hati saya berjanji bila saya berhasil mengembalikan data-data yang hilang maka pengalaman ini akan saya ceritakan ke teman-teman yang barangkali membutuhkan dan melalui tulisan ini, janji saya tersebut telah saya wujudkan.  Oleh karena itu bagi teman-teman yang membutuhkan informasi lebih lanjut, saya siap membantu, dengan menulis komentar pada tulisan ini atau kontak saya melalui e-mail saya (hadidayapriatama@gmail.com).  Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.  Dibawah ini saya ilustrasikan software tersebut :

Atau anda juga dapat mendownload langsung melalui link dibawah ini :
http://www.ziddu.com/download/1385769/ontrack-62.rar.html

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar